Cari Gebetanmu Disini!

Resep Kebahagiaan yang Mengagumkan

Cari Gebetanmu Disini!
Membahas kebahagiaan rasanya kurang enak kalau tidak melibatkan yang namanya uang / materi. Zaman yang serba canggih,membuat sebagian manusia diperbudak materi. Hal ini menjadi bahaya yang mengancam umat manusia dan juga merupakan neraka yang tak terlihat.Terkadang kita lupa bahwa sebenarnya ada kebahagiaan yang bisa kita raih sekarang juga,saat ini juga dengan sangat sederhana. 


Kebahagiaan murah


Kita tidak perlu memikirkan kenikmatan duniawi dan yang sejenisnya. Ketika kita mengidamkan sesuatu yang tidak bisa kita jangkau,maka disitulah kebahagiaan kita hilang. Ada sebuah resep kebahagiaan yang sangat mudah dijalankan dan memiliki efek yang sangat membahagiakan. Kesederhanaan resep ini memang seringkali dianggap remeh orang yang tidak mau / tidak pernah menjalankannya.

Banyak buku yang membahas kebahagiaan ini,kedamaian yang mudah didapat. Kebahagiaan ini yang kusebut Present Gift inilah yang telah menginspirasi dan membahagiakan sangat banyak orang. Dari berbagai sumber,pengajaran pertama Present Gift ini datang dari Agama Buddha.

MENYESALI MASA LALU, MENCEMASKAN MASA DEPAN, dan HIDUP DALAM DAMAI DI MASA KINI.

Disinilah kebahagiaan,disinilah kedamaian,disinilah lenyapnya berbagai pikiran kita yang mencari-cari kesenangan sesaat

Lebih lanjut,yang dimaksud hidup dalam masa kini adalah ketika kita mampu menghentikan arus pikiran kita dari berpikir yang telah lalu dan memikirkan sesuatu yang belum terjadi. 
Hampir semua dari kita tidak pernah benar-benar menaruh perhatian terhadap apa yang sedang dikerjakan. Contohnya,ketika kita makan,kita memikirkan apa yang akan dilakukan setelah makan. 

Pikiran telah melompati apa yang sedang dikerjakan,karena pikiran tidak mensyukuri saat yang sedang dikerjakan. Singkat kata,kita tidak menikmati yang sedang dikerjakan,melainkan mencari kenikmatan lain di pikiran kita.

Pikiran itu sangat unik,karena pikiran bisa menggunakan memori masa lalu dan kemudian menambahkan 'bumbu-bumbu penyedap' sehingga membuat kita terus memikirkannya. Contohnya,ketika pikiran memikirkan seseorang yang disukai,maka akan juga muncul pikiran tentang apa yang sedang dikerjakan dia ya? Berlanjut sampai bagaimana kalau dia dan saya ini,itu,sampai tak terbatas.

Pikiran kita yang seperti itu telah membuat kita berulang kali melakukan kesalahan yang tidak kita sadari. Pikiran itu juga yang telah menjauhkan kita dari kedamaian saat ini yang begitu teduh.
MENYESALI MASA LALU, MENCEMASKAN MASA DEPAN, dan GAGAL UNTUK HIDUP DALAM KEDAMAIAN DI MASA KINI.

Jadi,kalau anda ingin merasakan keteduhan saat ini,hidup damai dalam kekinian,

LUPAKANLAH MASA LALU, JANGAN HIRAUKAN APA YANG AKAN TERJADI

Seperti kutipan terkenal salah satu Bhikkhu terkenal dunia,Ajahn Brahm:
YANG BERLALU,TERIMA KASIH,YANG AKAN DATANG,BAIKLAH!

Lepaskanlah semua bentuk pikiran yang terus menyeret kita untuk melakukan ini dan itu. Pikiran yang seperti itu akan terus membuat kita terseret kenangan masa lalu dan kecemasan masa depan.Semoga renungan singkat ini bisa bermanfaat.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment